https://pasuruan.times.co.id/
Berita

Soal Berita Empat Orang di Bekasi Terpapar Omicron, KSP: Hoaks

Rabu, 08 Desember 2021 - 17:17
Soal Berita Empat Orang di Bekasi Terpapar Omicron, KSP: Hoaks Tenaga Ahli Utama KSP Abraham Wirotomo. (FOTO: KSP for TIMES Indonesia)

TIMES PASURUAN, JAKARTA – Kantor Staf Presiden (KSP) memastikan, pemberitaan tentang empat orang di Cikarang Barat Kabupaten Bekasi terpapar Covid-19 varian Omicron, yang dimuat media online merdeka.com, adalah berita bohong alias hoaks.

Kepastian itu diperoleh setelah Tenaga Ahli Utama KSP Abraham Wirotomo melakukan klarifikasi informasi tersebut dengan Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Bekasi dr. Sri Enny Mainiarti.

“Tidak ada bukti dan tidak ada statement apapun dari saya bahwa varian Omicron sudah masuk bekasi,” ucap Abraham menirukan pernyataan Kadinkes Bekasi, Rabu, (8/12/2021). 

Kata Abraham, hasil penelusuran tim Dinkes Bekasi ke laboratorium yang melakukan testing menunjukan, empat orang yang dinyatakan terpapar Covid-19 tersebut, sebenarnya positif varian Delta, bukan Omicron.

"Keempat warga yang positif sudah dilakukan karantina, dan juga dilakukan tracing pada kontak erat. Langkah-langkah sudah dijalankan sesuai protokol,” tutur Abraham

Abraham menyayangkan, pemberitaan soal empat orang positif Covid-19 varia Omicron di Bekasi dilakukan tanpa melalui klarifikasi dari sumber utama, yakni pihak Dinkes atau Kemenkes

“Hoaks semacam ini bisa merugikan masyarakat dan menimbulkan kepanikan yang tidak diperlukan,” tegas Abraham menyesalkan.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) juga membantah tegas kabar ditemukannya empat kasus varian Omicron di Bekasi.

Juru bicara vaksinasi Covid-19 dr Siti Nadia Tarmizi, Corona B.1.1.529 hingga kini belum ditemukan di Indonesia. "Belum ada," tegas dr Nadia, Rabu (8/12/2021) 

Sebagai informasi, sebelumnya media sosial dihebohkan oleh informasi tentang munculnya varian Omicron di Bekasi.

Beredarnya hoaks tersebut berawal saat media online merdeka.com memuat berita berjudul “Kadinkes Bekasi Temukan 4 Warga DKI Terpapar Omicron Usai Bepergian dari Luar Negeri”, pada Rabu (8/12/2021). 

Dalam pemberitaanya disebutkan, empat orang dinyatakan terpapar Covid-19 varian Omicron setelah dilakukan pemeriksaan sample di Laboratorium Farmalab, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi. Keempat orang itu diduga tertular virus Omicron seusai melakukan perjalanan ke luar negeri.

Namun pemberitaan empat orang di Cikarang Barat Kabupaten Bekasi terpapar Covid-19 varian Omicron yang dimuat Merdeka.com ini langsung dibantah dan dinyatakan hoaks. Kepastian itu disampaikan setelah Tenaga Ahli Utama KSP Abraham Wirotomo melakukan klarifikasi informasi bersama Dinkes Kabupaten Bekasi. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Pasuruan just now

Welcome to TIMES Pasuruan

TIMES Pasuruan is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.