Berita

Petronas Temukan Cadangan Minyak dalam Eksplorasi Hidayah Madura

Rabu, 24 Februari 2021 - 15:33
Petronas Temukan Cadangan Minyak dalam Eksplorasi Hidayah Madura SKK Migas melaporkan pengeboran Petronas Carigali North Madura II Ltd di Blok Migas North Madura II berhasil menemukan cadangan minyak. Ilustrasi. (Dok. Petronas).

TIMES PASURUAN, JAKARTAPetronas Carigali North Madura II Ltd telah berhasil menemukan cadangan minyak dari pengeboran sumur Eksplorasi Hidayah-1 Wilayah Kerja North Madura II, setelah melakukan pengeboran sejak 7 Januari 2021. 

Perjalanan Pertronas sebelum menemukan cadangan minyak itu cukup panjang. Berdasarkan keterangan dari Kementerian ESDM, Petronas Carigali International E&P BV memenangkan wilayah kerja lokasi North Madura II Offshore Jawa Timur pada lelang reguler tahap I 2014 lalu. Luas wilayah kerjanya 1.288,2 kilometer persegi. 

Deputi Perencanaan SKK Migas Jaffee A Suardin mengatakan setelah melakukan pengeboran selama 57 hari, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Petronas Carigali North Madura II Ltd melakukan 1 interval drill steam test (DST) untuk mengetahui laju alir serta data reservoir pada Formasi Ngimbang. Dalam aktivitas ini, SKK Migas dan Petronas berhasil menemukan hidrokarbon berupa minyak dengan lajur alir awal kurang lebih 2.100 barel minyak per hari (BOPD).

"Seluruh jajaran yang terlibat pada kegiatan penemuan potensi hidrokarbon di wilayah kerja tersebut," kata Jaffee dalam keterangan pers, Rabu (24/2/2021). 

Penemuan ini akan menjadi pondasi yang kokoh bagi upaya penemuan lainnya sebagai upaya bersama pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan terkait untuk bersama- sama mewujudkan visi produksi 1 juta barel minyak dan 12 BSCFD gas di tahun 2030.

Sebelumnya, Perusahaan asal Malaysia Petronas Carigali North Madura II Ltd itu menang lelang bersama Statoil ASA untuk non wilayah kerja lokasi Aru Trough I Offshore Aru. Komitmen pasti eksplorasi dari dua pemenang lelang itu berlaku selama tiga untuk untuk masa eksplorasi berupa studi G&G sebesar US$2 juta, survei seismik 2D sepanjang 700 km dan pemboran tiga sumur eksplorasi. Sementara, total komitmen eksplorasi dari kedua pemenang lelang itu sebesar US$70,9 juta dan bonus tanda tangan sebesar US$3 juta. Kontak kerja sama dengan pemerintah ditandatangani pada 22 Mei 2015 lalu. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Pasuruan just now

Welcome to TIMES Pasuruan

TIMES Pasuruan is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.