Berita

[CEK FAKTA] Salah, Minum Kopi Lemon untuk Diet

Senin, 25 Oktober 2021 - 09:41
[CEK FAKTA] Salah, Minum Kopi Lemon untuk Diet informasi tentang minum kopi dicampur dengan lemon diklaim dapat menurunkan berat badan atau diet, jika diminum rutin.

TIMES PASURUAN, JAKARTA – Beredar informasi di media sosial tentang manfaat minuman kopi yang dicampur dengan lemon (kopi lemon) untuk menurunkan berat badan atau diet, apabila diminum secara rutin. 

Informasi tersebut beredar di Facebook, salah satunya dibagikan oleh akun Masyithoh Budiyani pada 25 September 2021. Pengguna akun tersebut menuliskan bahwa ia mencoba minuman kopi lemon dalam tiga hari. Akun Masyithoh Budiyani menuliskan pula cara membuat kopi lemon, dan efek setelah mengonsumsinya.

Berikut narasi yang dibagikan akun Masyithoh Budiyani: 

KOPI LEMON UNTUK DIET

Efek lihat di tiktok kopi lemon jadi aku coba dalam 3 hari ini.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut:
1/2 sendok teh kopi Nescafe orginal, lalu diseduh dengan air panas 1/2 gelas. Setelah diaduk dan larut, baru ditambahkan air dingin. Baru deh dicampur air perasan dari 1/2 jeruk lemon atau jeruk nipis yang kecil. Tanpa gula.

Kalau saya masih pakai pakem, lemon atau jeruk nipis TIDAK dicampur air panas, tapi air hangat, agar kandungan vitamin C tidak rusak. Kan kita juga gak minum air panas, tapi air hangat tho. Kalau air panas diminum yang ada bibir bisa jontor atau nyonyoren, macam bibir orang yang suka nyindir. Hehehehe

Efeknya setelah minum kopi lemon 2 hari adalah....

Sakit perut, sakit maag atau gemetar efek minum kopi kok tidak terasa ya. Saya agak kaget juga sih, juga heran. Walau belum tahu apa sebabnya.
Tapi yang terasa justru perut kenyang, tidak mudah lapar. Jadi nafsu untuk ngemil dan liar mencari makan bisa ditekan.

Tapi saya tetap makan karbohidrat, protein, sayur dan tentunya cukupi air putih. Kalau buah tergantung ada stok tidak di rumah. Agar badan tetap bugar segar, juga usahakan olahraga selang sehari, atau setiap hari 30 menit.

Dari efek yang didapatkan, maka wajar juga ada yang jadikan minum kopi lemon setiap pagi saat habis sarapan atau saat perut kosong bagi yang berani atau yang tidak ada keluhan dengan lambung, sebagai cara diet instan.

Kamu mau coba?

Jika sudah coba, bisa cerita atau komentar disini atau tag saya dari pengalaman setelah coba kopi lemon hangat ya.

Kopi lemonnya hitam banget ya, sehitam rambut yang pakai minyak Keke. Asyiiik.

Asal jangan ketiak yang hitam dan asam ya, padahal bisa diatasi dengan memakai deodorant mahkota. Serius.

By dr. Masyithoh Budiyani
www.instagram.com/dr.masyithoh.budiyani
shopee.co.id/dr_masyithoh atau tokopedia.com/mikeke atau klik admin Wa.me/6285717265273

cek fakta Kopi Lemon untuk Diet 5Sumber: Facebook (https://www.facebook.com/dr.Masyithoh/posts/1180991072408942)

Cek Fakta TIMES Indonesia juga menemukan informasi serupa yang dibagikan oleh akun Facebook bernama Shintaa Devi pada 18 Oktober 2021. Akun tersebut membagikan tautan video berjudul "Diet Menyegarkan : Es Kopi Lemon Yang Cucok Untuk Diet dan Anticlub Kopi" (https://www.youtube.com/watch?v=w0IXKBW-OKc). Video tersebut bersumber dari kanal YouTube Shinta Devi.

Dalam unggahannya di Facebook, akun Shintaa Devi menyertakan narasi berikut:

Bosen minum kopi gitu aja,cobain aja ini cocok untuk yg gak suka kopi dan diet selmat mencoba :))

cek fakta Kopi Lemon untuk Diet 6Sumber: Facebook (https://www.facebook.com/groups/682725402390771/posts/844214326241877)

CEK FAKTA

Menurut hasil penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi tentang minum kopi yang dicampur dengan lemon (kopi lemon) bermanfaat untuk menurunkan berat badan atau diet, tidak benar. Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim tersebut, dan sejumlah ahli membantahnya.

Tim Cek Fakta TIMES Indonesia menelusuri kebenaran informasi tersebut menggunakan mesin Google dengan kata kunci tertentu, di antaranya: kopi lemon untuk diet. Kami menemukan pernyataan sejumlah pakar atau ahli kesehatan terkait.  

Melansir health.detik.com, ahli nutrisi dan fisiologi dari Sheffield Hallam University, Mayur Ranchordas mengatakan bahwa kopi dan lemon tidak berhubungan dengan penurunan berat badan. Kafein yang terdapat pada kopi memang mampu untuk meningkatkan metabolisme, namun dampak yang dimunculkan tidak akan terlalu signifikan. Karena dari sisi keilmuwan, ia menjelaskan bahwa tidak ada makanan yang bisa berdampak langsung untuk dapat membakar lemak.

cek fakta Kopi Lemon untuk DietSumber: Viral Minum Kopi Campur Lemon Bisa Bakar Lemak, Benarkah? Ini Faktanya | Detik

Melansir factcheck.afp.com, president of the French-speaking Society for Clinical and Metabolic Nutrition (SFNCM), Pierre Dechelotte juga menjelaskan bahwa kopi, baik panas atau dingin tidak dapat memicu terjadinya penurunan berat badan, serta lemon yang mengandung banyak vitamin C dan merupakan antioksidan juga tidak pernah menyebabkan penurunan berat badan. 

Sementara, mengonsumsi kopi yang berlebihan dapat menyebabkan insomnia dan masalah jantung. Dan apabila kedua bahan tersebut dicampur dan dikonsumsi secara berlebihan pula, maka akan menyebabkan gangguan pencernaan, sehingga secara signifikan akan mencegah rasa lapar.

Selain itu, terkait dengan efek mencegah rasa lapar, ahli gizi anak dari rumah sakit Armand-Trousseau, Paris, Béatrice Dubern mengaitkan penurunan berat badan yang ditimbulkan dari konsumsi kopi lemon dengan pembatasan kalori, sehingga hal tersebut bisa memungkinkan hilangnya massa tanpa lemak dengan cepat. Hal tersebut dianggap berbahaya karena mengarah pada risiko kekurangan gizi.

cek fakta Kopi Lemon untuk Diet 2Sumber: Dangerous online posts claiming coffee-lemon cocktail helps weight loss circulate in Africa | Fact Check AFP

Selain itu, melansir dari hellosehat.com, kopi dan lemon juga mengandung pH asam, bahkan ketika kedua bahan tersebut dicampur, maka pH yang dihasilkan akan tetap asam, sehingga campuran kedua bahan tersebut dilarang untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit asam lambung, karena kopi yang dicampur dengan lemon bisa menyebabkan penyakit asam lambung semakin parah. 

cek fakta Kopi Lemon untuk Diet 3Sumber: Benarkah Ada Khasiat Khusus Minum Kopi Campur Lemon? | Hello Sehat

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim bahwa kopi lemon bermanfaat untuk diet, salah. Tidak ada bukti ilmiah atas klaim tersebut. Sejumlah pakar atau ahli kesehatan membantah klaim tersebut.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya. 

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: redaksi.timesmedia@gmail.com atau redaksi@timesindonesia.co.id (*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Pasuruan just now

Welcome to TIMES Pasuruan

TIMES Pasuruan is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.