Berita

[CEK FAKTA] Minum Air Berlebihan Berbahaya buat Ginjal

Minggu, 13 Juni 2021 - 08:02
[CEK FAKTA] Minum Air Berlebihan Berbahaya buat Ginjal Informasi yang menyatakan bahwa minum air secara berlebihan berbahaya buat ginjal.

TIMES PASURUAN, JAKARTA – Beredar informasi di media sosial yang menyatakan bahwa minum air secara berlebihan berbahaya buat ginjal. Informasi tersebut beredar di Instagram, diunggah oleh akun @fitness.freez.

Akun tersebut mengunggah poster yang di dalamnya terdapat pesan mengenai bahaya minum air secara berlebihan, karena ginjal tidak dapat memproses air dalam jumlah yang banyak. 

Selain itu, narasi tersebut juga menyebut bahwa tidak ada bukti ilmiah yang mengatakan bahwa meminum air delapan gelas setiap hari memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh.

Berikut narasi dalam poster:

Drinking too much water can be dangerous to you because your kidneys can't get rid of the excess water. And there is no scientific proof that Drink 8 glasses of water every day has any health benefits. 

Terjemahannya:

Meminum air dalam jumlah banyak dapat membahayakanmu karena ginjalmu tidak dapat memproses air dalam jumlah yang banyak. Dan tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa meminum 8 gelas air setiap hari memiliki manfaat bagi kesehatan.”

cek-fakta-minum-air-putih-2.jpgSumber: Tangkapan layar Instagram/@fitness.freez

Sejak diunggah pada 4 Juni 2021, unggahan tersebut disukai sebanyak 9.265 kali per Sabtu (12/6/2021).

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi yang menyatakan bahwa minum air secara berlebihan berbahaya buat ginjal, tidak benar.

Tim Cek Fakta TIMES Indonesia menemukan bahwa meminum air dalam jumlah banyak tidak membuat ginjal kesulitan dalam mencerna air dalam jumlah banyak. Namun, meminum air dalam jumlah banyak akan membuat keracunan air atau water intoxication yang dapat menyebabkan fungsi kognitif menurun.

Melansir dari Hellosehat, meminum air dalam jumlah yang terlalu banyak akan menyebabkan keracunan air atau overhidrasi. Yang mana, hal tersebut akan mengarahkan pada penurunan fungsi kognitif, seperti merasa kebingungan, kesulitan berpikir dan mengalami disorientasi.

cek fakta minum air putih 3Sumber: Apakah Terlalu Banyak Minum Air Putih Berbahaya? | Hello Sehat

Mengutip dari klikdokter.com, saat Anda kebanyakan minum air putih, tubuh akan rentan mengalami hiponatremia, suatu kondisi di mana kadar garam dalam darah lebih rendah dari batas normal. Hal ini terjadi karena kelebihan air dalam tubuh akan “melarutkan” garam (natrium), sehingga kadar garam akan relatif lebih rendah. 

Natrium merupakan komponen penting dalam keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Kekurangan natrium dapat membuat cairan yang ada dalam tubuh tertarik ke dalam sel, misalnya sel otak. Akibatnya, sel akan membengkak dan menimbulkan sejumlah gejala signifikan seperti gangguan kesadaran bahkan mengancam nyawa.

cek fakta minum air putih 4Sumber: Terlalu Banyak Minum, Waspada Keracunan Air Putih | KlikDokter

Catatan serupa bahwa minum berlebihan juga tidak dianjurkan karena bisa menyebabkan overhidrasi.

cek fakta minum air putih 5Sumber: Minum Air Berlebihan, Apa Bahaya Overhidrasi ? | Halodoc

Sementara itu, meminum air sebanyak delapan gelas bukanlah tidak memiliki bukti ilmiah yang membuktikan bermanfaat bagi kesehatan. Melansir dari laman Detik, meminum air sebanyak delapan gelas dalam satu hari tidak bisa dianggap sama untuk semua orang. Takaran dalam meminum air mineral bergantung pada faktor usia, iklim, intensitas olahraga, penyakit, kehamilan dan kondisi menyusui. 

cek fakta minum air putih 6Sumber: Tidak Harus Selalu Minum 8 Gelas Tiap Hari, Ini 5 Aturan Minum Air Putih | Detik.com

Melansir dari laman kompas.com, para ahli di Institute of Medicine (IOM) di Amerika Serikat mengategorikan rata-rata kebutuhan minum harian untuk pria dewasa sebanyak 13 atau tiga liter per-hari, wanita dewasa sebanyak sembilan gelas atau dua liter lebih sedikit, ibu hamil sebanyak sepuluh gelas atau dua liter lebih sedikit, ibu menyusui sebanyak 12 gelas atau nyaris tiga liter, dan anak dan remaja sebanyak enam hingga delapan gelas. Namun, dalam beberapa kondisi, orang yang memiliki penyakit tertentu, seperti ginjal perlu untuk mengonsultasikan kepada dokter terkait takaran konsumsi air per-hari. 

cek fakta minum air putih 7Sumber: Perlukah Minum Air Putih 8 Gelas Sehari? | Kompas

Tim Cek Fakta TIMES Indonesia juga menemukan bahwa air putih sendiri juga memiliki manfaat untuk membantu proses regenerasi sel yang ada di dalam tubuh kita. Karena pada dasarnya air putih akan memastikan darah membawa banyak oksigen yang nantinya akan didistribusikan ke sel-sel yang ada di seluruh tubuh.

cek fakta minum air putih 8Sumber: Sering Dilupakan, Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur untuk Kesehatan | TIMES Indonesia

Upaya pemeriksaan atas klaim bahaya minum air berlebihan juga telah dilakukan Mafindo -jaringan tim Cek Fakta TIMES Indonesia, dalam turnbackhoax.id melalui artikel berjudul “[SALAH] Tidak Ada Bukti Ilmiah Minum Air Mineral 8 Gelas Bermanfaat bagi Tubuh”

cek fakta minum air putih 9Sumber: [SALAH] Tidak Ada Bukti Ilmiah Minum Air Mineral 8 Gelas Bermanfaat bagi Tubuh | Turnbackhoax

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim yang menyatakan bahwa minum air secara berlebihan berbahaya buat ginjal, merupakan informasi yang keliru. 

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, klaim tersebut masuk dalam kategori misleading content (konten menyesatkan).

Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Pasuruan just now

Welcome to TIMES Pasuruan

TIMES Pasuruan is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.