Berita

Hari Bumi 2021, Earth Day Menggema di Twitter dan Google Doodle

Kamis, 22 April 2021 - 14:00
Hari Bumi 2021, Earth Day Menggema di Twitter dan Google Doodle Ilustrasi - Hari Bumi 2021 atau Earth Day (Foto: Freepik/ jcomp)

TIMES PASURUAN, JAKARTA – Hari ini, Kamis (22/4/2021) dunia memperingati Hari Bumi atau Earth Day. Warganet meramaikan Hari Bumi 2021 ini dengan tagar #EarthDay di Twitter. Google Doodle pun turut meramaikan peringatan tersebut.

#EarthDay) dan ucapan "Selamat Hari Bumi" menjadi trending topic di Twitter hingga kini. Sejumlah tokoh dan organisasi turut mencuitkannya. 

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar mengajak untuk menjaga bumi.

"Selamat Hari Bumi. Mari kita jaga bumi untuk kehidupan yang lebih baik. #EarthDay," cuitnya di akun @halimiskandarnu.

Hari-Bumi-google-doodle.jpgTampilan Google Doodle pada Hari Bumi 2021, Kamis, (22 April 2021)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga mencuitkan ucapan Selamat Hari Bumi. Ia mengajak warga untuk melakukan aksi-aksi sederhana untuk menyelamatkan bumi.

Tak ketinggalan organisasi Greenpeace Indonesia yang mencuitkan, "Selamat Hari Bumi.. Selamatkan Hari hari Kita di Bumi.. #EarthDay."

Dalam cuitannya, Greenpeace Indonesia menyertakan video singkat yang menggambarkan kerusakan di planet bumi karena cara manusia memperlakukan alam dan lingkungan. Melalui video berdurasi 1 menit 51 detik itu, organisasi ini mengajak umat manusia berubah dengan melakukan aksi menyelamatkan bumi.

Sementara itu, Google memperingati Hari Bumi 2021 atau Earth Day lewat Google Doodle berupa video animasi dengan latar musik.

Dalam video berdurasi 40 detik tersebut, Google Doodle menunjukkan pohon-pohon yang ditanam dalam habitatnya. Ini merupakan cara yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan bumi, menanam pohon. Pohon juga membantu melestarikan tanah dan mendukung satwa liar.

Dikutip dari liputan6.com, melalui daun dan kulit kayunya, pohon membantu memperlambat perubahan iklim dan meningkatkan kualitas udara dengan menyerap karbondioksida, salah satu elemen penyumbang utama efek rumah kaca.

Google Doodle Hari Bumi 2021 dibuat oleh seniman bernama Sophie Diao serta dua rekannya Helene Leroux dan Ben Tobias. Sedangkan komposisi musiknya dibuat oleh Gabriel Tiburcio.

"Hari Bumi selalu spesial setiap tahun, tetapi tahun ini secara khusus saya semakin menghargai pengaruh pohon yang membumi," kata Sophie di blog Google Doodle.

Tema Earth Day atau Hari Bumi 2021 adalah "Restore Our Earth" atau Pulihkan Bumi Kita. Mengutip laman CNN, tema tersebut berfokus pada pemulihan ekosistem dunia melalui proses alami, teknologi hijau yang muncul, dan pemikiran inovatif yang dapat memulihkan ekosistem. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Pasuruan just now

Welcome to TIMES Pasuruan

TIMES Pasuruan is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.