Berita

Target Seluruh Warga DKI Jakarta Sudah Divaksin Pada HUT Ke-76 Kemerdekaan RI

Minggu, 01 Agustus 2021 - 17:28
Target Seluruh Warga DKI Jakarta Sudah Divaksin Pada HUT Ke-76 Kemerdekaan RI Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam peluncuran Program Vaksinsi Merdeka di Polda Metro Jaya, Jakarta. (FOTO: ANTARA/HO-Divisi Humas Polri)

TIMES PASURUAN, JAKARTA – Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Forkompinda DKI Jakarta menargetkan 100 persen warga Ibu Kota sudah divaksin pada 17 Agustus 2021 atau bertepatan dengan perayaan HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

"Kami Forkompinda DKI ini kompak kolaborasi aksi untuk mencapai herd imunity dengan target kuantitas mudah-mudahan pada tanggal 17 Agustus masyarakat DKI Jakarta hampir mencapai 100 persen," ucap Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran di Mapolda Metro Jaya, Minggu (1/8/2021).

Fadil mengatakan untuk mencapai target tersebut tidak bisa hanya mengandalkan daya dan upaya TNI-Polri dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Karena itu, pihaknya menggandeng berbagai elemen masyarakat untuk menyukseskan Vaksinasi Merdeka.

"Strategi yang kami gunakan adalah melibatkan relawan baik tenaga kesehatan maupun nonnakes dan bersumber dari masyarakat, dokter, perawat, dan organisasi kemasyarakatan. Mudah-mudahan ini bisa maksimal," katanya.

Vaksinasi Merdeka resmi diluncurkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang berlangsung 1 - 17 Agustus 2021 dalam rangka menyambut HUT ke-76 Republik Indonesia di Polda Metro Jaya, Minggu.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, program vaksinasi yang sekarang diluncurkan menjadi solusi bagi masyarakat Jakarta karena hadir di lokasi dekat mereka tinggal sehingga mudah diakses.

"Akan ada lebih dari 900 gerai vaksin."

Menurut Anies, vaksin telah terbukti menurunkan risiko terjadinya fatalitas dan gejala berat jika seseorang terpapar virus.

Meski tidak menjamin akan mencegah penularan, vaksin mampu mencegah terjadinya gejala berat dan risiko jika seseorang terpapar.

Apalagi, Pemprov DKI Jakarta bersiap membuka kembali kegiatan dan aktivitas masyarakat, namun dengan syarat pelaku di dalamnya harus mengikuti vaksin terlebih dahulu.

"Sama seperti kami mewajibkan kendaraan roda dua. Mau ke jalan raya boleh, tapi pakai helm. Apakah helm menghindari kecelakaan, tidak," kata Anies.

"Naik motor tetap harus mengikuti rambu lalu lintas, sama seperti pergi harus tetap mengikuti protokol kesehatan. Tapi bila terjadi kecelakaan, risiko terjadinya cidera berat di kepala jadi lebih kecil karena pakai helm," imbuh dia. 

Kini, Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Forkompinda DKI Jakarta terus memaksimalkan program vaksinasi merdeka, sehingga diharapkan, pada perayaan HUT ke-76 Kemerdekaan RI seluruh warga Ibu Kota sudah divaksin Covid-19. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Pasuruan just now

Welcome to TIMES Pasuruan

TIMES Pasuruan is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.