https://pasuruan.times.co.id/
Berita

KJRI Sydney Fasilitasi Kerjasama Penempatan PMI ke Australia

Senin, 25 Oktober 2021 - 13:47
KJRI Sydney Fasilitasi Kerjasama Penempatan PMI ke Australia Proses penandatanganan kerjasama pengiriman PMI ke Australia digelar secara virtual (Foto: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)

TIMES PASURUAN, AUSTRALIA – Saat ini Australia tengah menghadapi kondisi kekurangan tenaga kerja untuk sektor perkebunan. Padahal sektor ini merupakan salah satu sektor yang krusial bagi perekonomian Australia. Kondisi ini dilihat oleh KJRI Sydney sebagai peluang bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) untuk dapat bekerja di sektor perkebunan Australia

Dan dalam rangka memanfaatkan peluang tersebut, KJRI Sydney memfasilitasi penandatanganan virtual kerjasama penempatan pekerja migran Indonesia ke Australia. Kerjasama ini dijalin antara House of Indonesia (HoI) Gateway Pty. Ltd dan PT Prima Duta Sejati (PDS). 

Acara penandatanganan pada Senin (18/10/2021) ini turut dihadiri Duta Besar RI untuk Australia Kristiarto Legowo, Konsul Jenderal RI Sydney Vedi Kurnia Buana, Koordinator Fungsi Ekonomi KJRI Sydney Trisari Dyah Paramita, serta perwakilan dari grup HoI dan PDS.

Dalam sambutannya, Dubes Kristiarto Legowo menyambut baik rencana kerjasama penempatan pekerja migran Indonesia ke Australia dan menyampaikan bahwa perjanjian ini merupakan tonggak penting dalam kerjasama di bidang ketenagakerjaan, khususnya ketika Australia membuka kembali perbatasannya. 

KJRI Sydney PMI 002

Duta Besar RI untuk Australia, Kristiarto Legowo (Foto: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)

Dubes RI di Canberra itu menambahkan bahwa perjanjian kerjasama ini juga merupakan wujud nyata pemanfaatan Indonesia Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA CEPA) yang patutdiapresiasi.

"Saya harap ke depan dapat dikembangkan ke sektor-sektor lain dengan keahlian dan keterampilan yang lebih tinggi, seperti sektor kesehatan dan hospitality sehingga memberikan pemanfaatan yang lebih tinggi pada perekonomian Indonesia," ujar Dubes Kristiarto.

DirekturHoI Gateway, Hendra Saputra menjelaskan bahwa rencana kerjasama pengiriman PMI ke Australia beranjak dari keinginan untuk membantu menciptakan lapangan kerja bagi pekerja Indonesia dan memanfaatkan kekosongan pekerja di sektor perkebunan di Australia, serta memanfaatkan rencana dikeluarkannya visa sektor pertanian oleh pemerintah Australia. 

KJRI Sydney PMI 003

Maxixe Mantofa dari PT Prima Duta Sejati (Foto: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)

Sementara Konjen RI Sydney menyambut baik kemitraan HOI dengan PDS yang dimotori oleh Maxixe Mantofa, sosok bepengalaman dalam pengiriman PMI di berbagai sektor ke sejumlah negara sejak tahun 1999. 

Konjen Vedi menyampaikan selamat atas penandatanganan perjanjian kerjasama dan berharap kerjasama dapat terus berlangsung sehingga dapat terus menciptakan peluang di berbagai sektor yang dapat dimanfaatkan oleh para PMI. 

Konjen Vedi menggarisbawahi bahwa KJRI Sydney akan terus memberikan dukungan, termasuk di antaranya dengan memfasilitasi konsultasi dengan Kementerian Tenaga Kerja Indonesia guna memastikan perjanjian nantinya berjalan dengan lancar, dan pengiriman PMI memenuhi prinsip-prinsip perlindungan yang diamanatkan oleh pemerintah.

Perjanjian kerjasama pengriman PMI ke Australia yang difasilitasi KJRI Sydney ini direncanakan untuk berlaku selama tiga tahun di mana tahap pertama akan dikirim sebanyak 100 PMI dengan proyeksi 1000 PMI selama tiga tahun.  (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Pasuruan just now

Welcome to TIMES Pasuruan

TIMES Pasuruan is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.