Gaya Hidup

Selamat Tinggal Pembalut, Brand Asal Indonesia Ini Buat Celana Dalam Khusus Menstruasi

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 14:03
Selamat Tinggal Pembalut, Brand Asal Indonesia Ini Buat Celana Dalam Khusus Menstruasi ILUSTRASI. (FOTO: U-Report)

TIMES PASURUAN, SURABAYA – Sejarah mencatat penggunaan pembalut oleh perempuan pra-modern Yunani Kuno telah dimulai sejak awal abad ke-4. Kala itu, mereka mengenakan wol domba atau kapas untuk membendung aliran darah menstruasi.

Seiring perkembangan zaman, pembalut terus berevolusi. Mulai dari sanitary belt, menstrual cup atau tampon, hingga pembalut sekali pakai berperekat yang paling banyak digunakan hari ini.

Sayangnya penggunaan pembalut sekali pakai yang praktis itu menimbulkan permasalahan lingkungan. Saat periode menstruasi, perempuan dapat berganti 3-4 pembalut dalam sehari.

Celana dalam menstruasiCelana dalam menstruasi buatan anak negeri, Hara Panty yang praktis dan ramah lingkungan. (FOTO: Hara Panty) 

Jika dikalikan dalam satu tahun dengan periode menstruasi normal, seorang perempuan dapat menghasilkan 300 sampah pembalut sekali pakai. Bayangkan, itu baru satu orang.

Kondisi tersebut diperparah dengan kandungan plastik di dalam pembalut yang membuatnya sulit terurai. Butuh puluhan hingga ratusan tahun agar alam dapat mengurainya. Keberadaan sampah pembalut praktis mencemari tanah dan air, apalagi kandungan pemutih pada bantalannya.

Pemusnahan sampah pembalut dengan cara membakar juga bukan pilihan yang tepat. Pasalnya pembalut akan menghasilkan dioksin yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia dan mencemari udara.

Belum lagi adanya ancaman kesehatan bagi pengguna pembalut sekali pakai yang mengenakannya secara terus-menerus.

Berkaca dari fakta tersebut, Hara sebuah merek dagang pakaian dalam asal Indonesia meluncurkan celana dalam menstruasi ramah lingkungan yang dapat digunakan berkali-kali.

Liliana selaku Direktur dan pemilik brand menjelaskan alasan mengapa ingin membuat celana dalam unik ini.

"Di usia reproduksinya, seorang wanita bisa menghasilkan hingga 11.000 lembar pembalut kapas. Kami mengerti karena belum ada solusi yang praktis dan ramah lingkungan. Dengan hadirnya Hara Period Panty, kami berharap akan ada pergeseran rutinitas bulanan wanita," jelasnya.

Celana dalam menstruasi 2

Selain bersikap ramah lingkungan celana dalam Hara ini juga dilengkapi dengan teknologi Moisture-Wicking atau garmen anti bocor yang tentu saja aman bagi tubuh.

"Koleksi panty Hara sebelumnya lebih ke panty style sehari-hari, tetapi lebih fokus pada bahan-bahan alami, seperti katun 100%. Kami juga sangat memperhatikan fitur breathable, anti-static dan anti-bacterial sejak awal," ujarnya.

Selain itu Liliana juga menjelaskan ada 3 tingkat periode panty tergantung pada aliran volume menstruasi, disebut dengan Medium, Heavy, dan Super Heavy.

"Namun Heavy dan Mild tetap bisa digunakan sejak awal haid karena bisa menampung cairan antara 25-40 ml, tergantung masing-masing individu. Disarankan ada beberapa tipe agar lebih nyaman. Ini juga cocok untuk orang tua atau wanita dengan masalah kandung kemih," imbuhnya.

Celana dalam menstruasi 3

Celana dalam Hara juga tersedia dari ukuran xs hingga xxl dengan harga  terjangkau yakni mulai Rp148.000-Rp205.000 dengan daya tahan hingga 2 tahun.

Setiap perempuan biasanya menggunakan 630 pembalut dalam 2 tahun. Sedangkan dengan Hara Period Panty kamu cukup memiliki 6-7 buah dan menggunakannya kembali setiap bulan selama kurang lebih 2 tahun.

"Ini menghemat ratusan pembalut wanita yang tidak bisa didaur ulang yang akan berakhir di tempat pembuangan sampah," tutup Liliana terkait produk celana dalam khusus menstruasi yang diproduksi Hara. (*)

Pewarta : Ammar Ramzi (MG-235)
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Pasuruan just now

Welcome to TIMES Pasuruan

TIMES Pasuruan is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.