Gaya Hidup

Naik Pesawat ke Destinasi Liburan? Ini Tujuh Keuntungan yang Didapatkan

Rabu, 08 Desember 2021 - 16:58
Naik Pesawat ke Destinasi Liburan? Ini Tujuh Keuntungan yang Didapatkan Ilustrasi - liburan dengan naik pesawat (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMES PASURUAN, JAKARTA – Semua orang pasti senang berlibur. Liburan merupakan momen istimewa yang dapat dinikmati di sela-sela kesibukan sehari-hari. Kegiatan liburan bisa dilakukan bersama teman, keluarga, atau juga seorang diri. Destinasi yang dituju pun bervariasi, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Untuk menuju lokasi tujuan, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi publik. Selain itu, salah satu jenis moda transportasi yang banyak dipilih adalah pesawat. Bepergian dengan pesawat sangat mudah karena calon penumpang bisa pesan tiket pesawat online.

Mengapa memilih menggunakan pesawat daripada bus, kereta api, atau mobil pribadi? Berikut keuntungan yang bisa dinikmati pengguna pesawat.

1. Waktu Perjalanan Lebih Cepat

Dibandingkan berbagai kendaraan lain, pesawat merupakan sarana transportasi yang sangat cepat. Untuk menempuh jarak yang terbilang jauh, waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama. Selain itu, pesawat lebih efektif digunakan untuk tujuan destinasi luar pulau.

Menggunakan pesawat untuk berlibur sangat cocok bagi Anda yang memiliki waktu liburan yang terbatas. Dengan memilih transportasi ini, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu dalam perjalanan berangkat maupun pulang. Anda pun bisa lebih optimal menjelajahi daerah yang dituju.

2. Lebih Hemat Energi

Apakah Anda kerap merasa sangat lelah setelah selesai liburan? Bisa jadi hal itu disebabkan karena perjalanan panjang yang baru saja ditempuh. Apalagi jika membawa kendaraan pribadi, Anda membutuhkan energi dan fokus selama dalam perjalanan.

Berbeda halnya jika menggunakan pesawat sebagai sarana transportasi. Anda hanya perlu duduk nyaman selama waktu tertentu di ruang yang sejuk dan tempat duduk yang empuk. Durasi perjalanan yang tidak terlalu lama membuat energi tetap terjaga.

Hal ini menguntungkan bagi wisatawan yang berlibur. Karena datang dalam kondisi prima di suatu tempat wisata, Anda pun akan lebih bersemangat menjalankan rencana liburan. Tidak perlu khawatir menguras tenaga karena perjalanan pulang dapat dinikmati lebih santai dengan pesawat.

3. Bisa Berburu Harga Promo

Beberapa maskapai menawarkan promo tiket dengan harga yang lebih terjangkau pada waktu-waktu tertentu. Membeli dengan harga promo akan membuat Anda lebih menghemat pengeluaran. Biasanya, promo ditawarkan jauh-jauh hari sebelum jadwal keberangkatan sehingga Anda masih bisa mengatur waktu perjalanan secara fleksibel.

Mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk transportasi akan membuat bujet liburan untuk pos lain lebih banyak. Salah satunya, Anda bisa memiliki dana lebih untuk membeli oleh-oleh. Dana tersebut juga bisa dialihkan untuk berwisata kuliner di tempat tujuan wisata.

4. Bisa Membawa Banyak Barang

Apakah Anda akan berlibur bersama keluarga besar dan ada banyak perlengkapan yang harus dibawa? Atau, Anda pulang dari liburan sambil membawa oleh-oleh yang berlimpah? Tidak perlu khawatir, pesawat sebagai sarana transportasi ketika liburan akan memudahkan dalam mengangkut barang bawaan tersebut.

Supaya lebih nyaman saat berada di kabin, Anda bisa meletakkan barang-barang tersebut di bagasi pesawat. Namun, tidak semua bagasi pesawat berstatus gratis atau bisa digunakan tanpa membayar.

Ada maskapai yang menerapkan aturan membayar bagasi, ada pula yang tidak. Karena itu, ketahui aturan khusus yang diterapkan oleh pesawat di tiap maskapai, contohnya di Malindo Air, supaya proses perjalanan lebih lancar.

5. Jadwal Keberangkatan Fleksibel

Karena suatu hal, Anda mungkin tidak jadi berangkat liburan pada waktu yang telah ditentukan. Apakah tiket pesawat otomatis akan hangus dan tidak bisa digunakan lagi? Sebenarnya, Anda bisa mengurus perubahan jadwal sesuai waktu yang Anda miliki. Jika tidak jadi berangkat, ada pula fitur refund ke sumber dana pembeli.

Bagi Anda yang sibuk di tempat kerja, perubahan jadwal rentan terjadi. Apalagi jika tiket telah dipesan lama sebelum waktu liburan. Namun, Anda dapat mengusahakan reschedule tiket pada waktu yang dianggap lebih tepat dan sesuai.

6. Fasilitas Lengkap di Ruang Tunggu

Jika tergabung sebagai anggota layanan tertentu, Anda dapat menikmati berbagai layanan yang ditawarkan. Salah satu di antaranya, menunggu keberangkatan pesawat di ruang eksklusif yang lebih nyaman dan sejuk. Selain tempat duduk yang memadai, ada pula fasilitas lain, misalnya promo minuman yang diperjualbelikan.

Fasilitas seperti ini jarang bisa ditemukan di stasiun atau terminal. Fasilitas yang menawarkan kenyamanan tersebut dapat menjadi salah satu pertimbangan bagi Anda untuk memilih bepergian atau berlibur dengan pesawat.

7. Bisa Dilakukan Secara Online

Tiket pesawat bisa dibeli secara online. Semua transaksi bisa diselesaikan hanya dengan satu kali ketukan. Selain itu, di sini Anda juga bisa membandingkan harga tiket maskapai yang satu dengan yang lain. Perbedaan waktu keberangkatan juga biasanya membuat harganya tidak sama.

Setelah membeli tiket, tiket elektronik pun akan dikirimkan kepada Anda melalui email. Dengan menggunakan kode yang tertera di dalamnya, Anda bisa check-in sekitar satu jam sebelum keberangkatan, bahkan saat masih berada di luar bandara. Kemudahan ini tentu sangat bermanfaat, terutama pada situasi sekarang yang meminimalisir kontak fisik.

Jadi, inilah beberapa keuntungan yang bisa Anda nikmati ketika menggunakan pesawat untuk menuju destinasi liburan. Tenaga maupun bujet yang bisa dihemat tersebut dapat digunakan untuk membuat rencana perjalanan menjadi lebih variatif.

Nah, apakah Anda telah siap mewujudkan rencana Liburan? Jangan lewatkan juga promo spesial 12.12 dari Traveloka, Anda bisa berburu tiket pesawat harga ramah kantong dan diskon menarik! Terbang hemat di Indonesia dengan diskon hingga 600 ribu! Yuk, langsung saja cek promo lengkapnya di Traveloka Lifestyle SuperApp!. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Pasuruan just now

Welcome to TIMES Pasuruan

TIMES Pasuruan is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.